Kenalan lewat Facebook, dihabisi di dapur

PENEMUAN jenazah Eka Septiyana, mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Yogyakarta di dapur rumah Nikolas Budikas Iksan di Dusun Sontonayan, Desa Kapencar, Kertek, Wonosobo (Wawasan 8/12) kini men­jadi perbincangan hangat warga setempat. Salah seorang teman dari Veli Se­tiawan (anak Nikolas) yang tidak mau disebut namanya menyatakan, kemungkinan perkenalan antara Veli dan Eka bermula dari situs jejaring sosial Facebook. ”Saya tidak bisa me­mastikan kapan mereka kenalan di Facebook, tapi pernah beberapa kali Veli cerita kalau dia punya banyak teman mahasiswi di Facebook,” kata sumber tadi.

Putra Nikolas, Veli Setiawan, kini menjadi buronan polisi dan diduga kuat sebagai pelaku pembunuhan Eka Septiyana warga Dusun Kemukus Timur, Kaliwiro, Wonosobo. Sementara itu Kapolsek Ker­tek AKP Tri Gumono mengemu­kakan, modus pelaku menghabisi nya­wa korban diduga berawal dari perkenalan mereka di Facebook. ”Kata tetangganya ke­nalan lewat Facebook empat bulan lalu.

Kemudian jadi teman akrab dan diajak main ke rumahnya,” kata Gumono menirukan keterangan warga setempat. Menurut dia, dua pekan lalu ayah korban melapor ke Polsek Kaliwiro dan mengaku anaknya hilang. Ia meninggalkan dua lembar foto. ”Setelah dikroscek ada kemiripan dengan korban,” jelasnya sambil menunjukkan foto Eka Septiyana. Menurutnya, saat terjadinya pembunuhan diduga pelaku bertengkar dengan korban.

Sehingga tega menghabisi nyawa kekasihnya itu. ”Kata tetangganya, pelaku juga sering gonta-ganti teman cewek. Dia menghilang sebulan lalu. Mungkin setelah mengubur mayat korban dengan semen dan pasir,” ucapnya. Lebih jauh Tri Gumono mengemukakan, orang tua Veli Setiawan yakni Nikolas Budikas saat ini menjadi tahanan Polres Banjarnegara lantaran terjerat kasus penipuan.

Hingga berita ini diturunkan jajaran Polres Wonosobo masih terus memburu pelaku. Sejumlah saksi yakni istri Nikolas Budikas dan adik Veli Setiawan, Adi Kurniawan, sedang dimintai keterangan guna penyidikan lebih lanjut. Kondisi rumah Nikolas di Dusun Sontonayan yang lokasinya di lereng Gunung Sindoro dan berjarak ratusan meter dari Jalan Raya Reco Kertek Wonosobo, ramai didatangi warga. Polisi memasang pita kuning di rumah tersebut. Beberapa orang mengambil gambar rumah itu dengan kamera ponsel.

Hingga berita ini diturunkan, polisi masih merahasiakan keterangan dari orang tua korban. Menurut sumber kepolisian, karena pelaku pembunuhan masih buron, identitas dan keterangan orang tua korban pun perlu dirahasiakan demi penyelidikan kasus ini. Akan tetapi dari keterangan orang tua korban yang bernama Broto, keluarga mengaku tidak mengenal sosok Veli teman Eka di Facebook yang kini menghilang bak ditelan bumi. heri setyadi-pu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar